Sabtu, 15 Desember 2018

Luka

Saat badan luka. Katakanlah, betismu tertempel panasnya knalpot supra. Perih!! Saya tau karena pernah mengalami dan sangat tahu bagaimana rasanya luka bakar knalpot motor. Setelah diobati, dalam beberapa minggu luka itu sembuh. Rasa perihnya sudah hilang tapi tidak dengan bekasnya. Ketika masih berupa luka, saya akan meringis jika luka itu tersentuh sesuatu. Mau mandi saja saya angkat kaki tinggi-tinggi karena perih meski hanya terbasuh air. Kini lukanya telah lama sembuh, mau saya gosok-gosok atau garuk sekalipun perihnya sudah tak ada lagi. tapi sayang tidak dengan bekasnya. Lukanya sembuh namun membekas. Bekas luka itu mengingatkan saya pernah terluka.
.
Saat hati yang luka, memaafkan meski tak diminta adalah pilihan terbaik yang membebaskan (baca: menyembuhkan) hati dari benci,  kebencian yang ditimbun tumbuh subur membuncah melahirkan dendam. Setiap dendam menuntut pembalasan.  Dendam yang tak terbalaskan akan menjadi pedang bermata dua berbalik arah justru menyerang. Nelson Mandela meski akhirnya mampu membalas ia lebih memilih memaafkan . "Forgive but not forget" ucapnya.
Hingga pada akhirnya luka hati itu sembuh. Meski tak nampak, luka itu juga membekas. Karena setiap luka meninggalkan bekas meski samar-samar. Bekas itu mengingatkan saya pernah terluka.
.
"jadilah kuat bukan untuk menindas, tapi setidaknya membuat orang berpikir lagi untuk menyakitimu."

1 komentar: