Kamis, 16 Juni 2016

NAK BELI GENDOM

Waktu itu umurku sekitar 9 tahun kenaikan kelas 3 sd kemudian pindah sekolah ke jakarta  yang sebelumnya sekolah di kampung sdn 18 muara enim. Di jakarta aku tinggal dengan bude dan alasan kenapa pindah ke jakarta "lupa".
Satu waktu bude minta tolong ke warung
Bude: "Bud, tolong belike bude gendom di warong bang kesuk. Ini duitnyo"
Aku: "Iyo de"
Segera aku pergi ke warung yang dimaksud bude.
(Di warung)
"Belanjo..."
"Belanjo...."
"Belanjo....!!'
Warung buka tapi koq nggak ada yang jaga. Akhirnya aku pulang ke rumah tanpa belanjaan.
Aku: "De dak katek yang jual" (de nggak ada yang jual)
Bude: "hah?! Kau cakmano tadi ke warong tu?" (Hah?! Kamu gimana tadi ke warung?)
Aku: "aku jeritke, belanjo.. belanjo.. dak katek yang metu" (aku teriak, belanjo..belanjo.. nggak ada yang keluar)
Bude: "ooh.. pantes lah. Kalo disini ngomongnyo beli bukan belanjo"
Aku: "ooh... iyo de"
Bude: "pegi sano ke warung lagi"
Berangkat lagi ke warung
(Di warung)
"Beli.."
"Be..li.."
Dari dalem ada yang teriak "iya... sebentar"
Eh, bener yang punya warung nyaut
Ibu warung: "iya tong, mau beli apaan?"
Aku: "nak beli gendom" langsung ngasih duit
Ibu warung: "hah?! Apaan?"
Aku: "nak beli gendo...m"
Ibu warung: "gendom?? Gendom apaan yak? Mpo kagak tau gendom apaan. Tanyain dulu gih balik ke rumah" balikin duit.
Hmm!!! Pulang lagi ke rumah. Masa orang jakarta nggak tau gendom. Payah.
(Di rumah)
Aku: " Bude, wong yang jual idak tau gendom"
Bude: "hahahaha!!" Ketawa puas banget
Bude: "kalo disini gendom itu terigu.. budi..."
Aku: "ooh..te..ri..gu..."
Bude: " pegilah lagi. Beli terigu yo.."
(Di warung)
Aku: be..li..!!"
Ibu warung: "eh, iya tong apaan?"
Aku: " beli terigu" kasih duit
Ibu warung: "ooh terigu.. gendom ya?"
Aku: "iyo, terigu"
Ibu warung: "nih terigunya, ini kembaliannya"
Aku: "iyo, mokaseh buk"

0 comments:

Posting Komentar